4.13.2010

[Indonesian Idol] Recap Workshop #2


Igo - Tak Lekang Oleh Waktu (Kerispatih)
Berat untuk jadi pembuka, karena bebannya pasti besar di dia. Pitch Igo emang nggak perfect, tapi suaranya sebenernya bagus, bisa nguasain panggung dan yang penting nggak takut dalam improvisasi. Gw suka banget improvisasi-improvisasinya, pas dan mantap banget. Kalau bisa lebih menjaga pitch, Igo bisa jadi kuda hitam.
And Agnes was so damn honest, he's handsome and has a proportional body!
Score: B-



Andi - Meraih Mimpi (J-Rocks)
Pertama, gw suka warna suaranya yang tebel dan cukup berkarakter. Sayangnya, terlalu cover version, hampir nggak ada improvisasi padahal lagunya banyak pengulangan nada yang itu-itu aja. Jadi keliatan cuma sibuk jingkrak sana jingkrak sini.
Score: C

http://img146.imageshack.us/img146/3408/dianam.jpg
Diana - Kapan Lagi Bilang I Love You (Dewi Sandra)
Suara opera-nya khas dan beda banget. Tapi Diana harus memperhalus tekhniknya lagi karena emang banyak tembakan nada tingginya yang terlalu tajam jadi kurang enak didenger. Tapi overall udah oke.
Score: B

http://img528.imageshack.us/img528/8465/deaa.jpg
Dea - Perih (Vierra)
WHAT A PERFORMANCE!!!
Hebat banget beneran nih cewek Bandung! Warna suaranya yang berat khas banget, dan Dea sukses besar nge-rombak lagu ini jadi milik dia, bener-bener lepas dari penyanyi aslinya dan jauh lebih bagus. Improvisasinya mantap, klimaks-nya dapat, dan pitch-nya pas semua. Perpindahan dari chest voice ke falsetto-nya juga bagus banget.
DEA PUT VIERRA ON A SHAME!
Score: A+

http://img687.imageshack.us/img687/6789/fenditv.jpg
Fendi - Status Palsu (Vidi Aldiano)
Enjoy dan groove dari musik-nya dapet banget menurut gw. Dari segi teknik emang sama sekali nggak ada yang spesial. Tapi, at least Fendi bisa nguasain panggung dan suaranya komersil banget.
Score: C+

http://img149.imageshack.us/img149/7514/orin.jpg
Orin - Pernah Muda (Bunga Citra Lestari)
Duh...ckck, jelek banget. Di awal sibuk nari perut sampai telat starting point. Dar awal sampai akhir berantakan banget nyanyinya dan banyak banget nada yang meleset.
Score: D

http://img121.imageshack.us/img121/7682/gilang.jpg
Gilang - Wajahmu Mengalihkan Duniaku (Afgan)
Karakter suara bagus, tekhnik juga cukup bagus, nggak terpaku sama versi aslinya, bisa nguasain panggung dan bisa sampein isi lagu. Gw suka falset di akhir lagunya. Kalau Gilang bisa improve lagi dari ini (dan kasih liat kemampuan main alat musiknya), dia bisa lebiiih bagus lagi.
Score: B

http://img85.imageshack.us/img85/1707/zulfa.jpg
Zulfa - Kasih Putih (Glenn Fredly)
Bagus! Semua nadanya pas, nggak ada masalah secara teknik. Di awal sampai pertengahan, masih stay sama versi aslinya, tapi di belakang Zulfa bener-bener hajar total dengan improvisasi-improvisasinya. Keren!
Score: B+

http://img59.imageshack.us/img59/9906/10264067.jpg
QZ - Hampa Hatiku (Ungu)
Pas di video dia bilang akan cari konsep yang kesannya nggak main-main. Mana? Gw setuju sama Anang, QZ kelihatan understating panggung, dan nggak kelihatan lagi lomba nyanyi, even spoken-nya pun nggak bagus menurut gw. Kalau di American Idol, kayak Nick Mitchell a.k.a Norman Gentle musim lalu, but he was better...
Score: F

http://img541.imageshack.us/img541/8028/ray.jpg
Ray - Dealova (Once)
Ini lagu yang sulit dan memerlukan range vocal yang lebar. Ray punya suara yang beda, tapi itu nggak cukup. Banyak nada yang nggak pas, di nada tinggi juga nggak sampai. Sebagai penyanyi opera juga seperti kata Melly, vibra-nya turun semua. I didn't find anything special from him but his different singing style.
Score: C+

http://img146.imageshack.us/img146/3967/monas.jpg
Mona - Jujur Aku Tak Sanggup (Pasto)
Another diva! Semua nada di lagu yang tergolong sulit ini bisa dilahap habis sama Mona dengan sangat baik dan tekhnik yang nyaris sempurna. Asal pintar-pintar pilih lagu, Mona mestinya bisa melangkah jauh di kompetisi ini.
Score: A

http://img121.imageshack.us/img121/7079/dimasd.jpg
Eza - Lelaki Hebat (Seventeen)
Nyanyinya masih banyak yang nada yang nggak pas, dan lebih keliatan sibuk jingkrak-jingkrak. What can I say?
Score: C-

Tebal
Rank:
1.DEA
2.MONA
3.ZULFA
4.DIANA
5.GILANG
6.IGO
7.FENDI
8.ANDI
-------------
9.RAY
10.EZA
11.ORIN
12.QZ

*red= eliminated

0 comments: