4.19.2010

[Indonesian Idol] Recap Workshop #3

RECAP INDONESIAN IDOL 2010 (SEASON 6) - WORKSHOP 3

http://img440.imageshack.us/img440/8527/tesa.jpg

TESA - MATAHARIKU (Agnes Monica)
Dari pertama gw tau Tesa bakal nyanyiin lagu Agnes, perkiraan gw emang lagu ini dan gw seneng banget Tesa berani ambil resiko besar, ini lagu sulit, lagu juri, dan kontestan sebelumnya yang nyanyiin lagu Agnes keluar. Ditambah lagi Tesa tampil pertama, so there was so much pressure on her.
AND...SHE DID IT VERY VERY WELL!!!
Pertama, kontrol emosinya luar biasa terjaga. Dari awal sampai akhir Tesa tampil tenang dengan pembawaan bak penyanyi pro, dan sukses menempatkan emosinya dengan sangat tepat.
Kedua, kalau di penampilan sebelumnya gw bilang Tesa belum gunain tekniknya yang bagus dengan baik, kali ini...Tesa luar biasa! Control tone-nya sangat rapi dan terjaga, gw bisa bilang pitch Tesa yang terbaik di WS 3 ini.
Ketiga, I looove the way she gave improvisations to this song!. Tesa bener-bener keluar dari pengaruh Agnes yang kuat, dan membawakan lagu ini 100% dengan cara dia. Yang gw suka, improv-nya beda, seakan-akan alami keluar begitu aja. Di awal, gw sukaaa banget waktu Tesa mainin suaranya naik-naik ke falset. Dan perubahan melodi yang Tesa lakukan di sepanjang lagu, sangaaat baik dan terdengar sangat original.
Keempat, permainan dinamikanya ciamik! Tesa bahkan nggak ngikutin penempatan dinamika lagu aslinya. Tesa bisa tembak high note-nya dan kasih klimaks di lagu ini dengan bagus banget.
Dan gw suka banget cara Agnes komen: "Tesa............................................, I loved it."
Kalau Tesa bisa menjaga penampilannya kayak gini, tetap mengejutkan dan pilihan lagu yang bagus, she can be a very dangerous opponent for everyone!!!
Score: A+

http://img121.imageshack.us/img121/7682/gilang.jpg

GILANG - MALAM BIRU (Sandhy Sandoro)
Gilang sukses membawa suasana, groove dan atmosfer yang berbeda dari lagu ini. Sayangnya, dia nggak sukses dalam segi vokal dan permainan gitarnya. Di belakang bahkan ada nada tinggi yang kentara banget gagal dicapai Gilang. Peningkatan dari minggu lalu, tapi masih kebanting sama penampilan cewek-cewek.
Score: B-

http://img198.imageshack.us/img198/276/windra.jpg

WINDRA - ISABELLA (ST12)
It's completely unfair to judge someone only by his musical genre, Windra did a good job. Dia cukup berhasil keluar dari pengaruh Charly di lagu ini, dan seperti biasa vokalnya sangat konstan dan terjaga stabil. Tapi itu justru bisa jadi kelemahannya, kalau cuma mengandalkan kestabilan vokal tanpa dinamika, lama-lama bisa bosan. Dan, tipe lagu seperti ini memang udah 'makanan' Windra. Windra harus improve dari ini kalau mau melangkah lebih jauh.
Score: B-

http://img714.imageshack.us/img714/7393/citra.jpg

CITRA - KARENA KU CINTA KAU (Bunga Citra Lestari)
Okay, it's pretty hard to describe this performance.
Jelas, ini bukan persembahan terbaik Citra. Jelas kelihatan perbedaan pembawaan Citra minggu lalu dan minggu ini. Minggu lalu, Citra begitu masuk dan nge-blend ke lagu. Tapi minggu ini...there's something between her and this song that doesn't really fit well. Entah karena kurang persiapan, atau Citra nggak nyaman sama lagunya, atau aransemen yang kurang pas, yang jelas lagu ini gagal meng-eksplor kemampuan terbaik Citra, atau sebaliknya Citra yang kurang menguasai lagu ini, seperti yang biasa dia lakukan.
Terlepas dari itu semua, sebenarnya ini masih termasuk bagus. Ciri khas Citra yang luar biasa tetap menonjol. Bahkan gw bilang improvisasi dan ornamen yang Citra tambahkan di lagu ini lebih variatif dan berani dari minggu lalu, banyak liukan vokal khas Citra di sepanjang lagu, perubahan melodi, dan bahkan di belakang Citra berani mengambil nada lebih tinggi sambil berimprovisasi.
Tapi...ya itu tadi, semua itu gagal di-blend dengan baik sama Citra. Dan masih belum rapi. Secara teknik, Citra sebenernya punya teknik yang bagus, keliatan jelas di penampilan ini. Banyak orang nganggep Citra cuma menang warna suara, padahal secara teknik Citra sama sekali nggak kalah dengan kontestan cewek lain, tapi memang harus diakui, kekuatan warna suara Citra seringkali 'menutupi' kemampuan vokalnya yang sesungguhnya. Tapi, tadi memang banyak nada yang nggak tereksekusi sempurna.
Lagi-lagi gw bilang ini karena faktor persiapan, karena jelas Citra sanggup bawain lagu ini sebaik atau bahkan lebih dari penampilannya minggu lalu. Bukan bermaksud kasih excuse, tapi gw dapet kabar kalo Citra nggak suka sama lagu yang dipilihin buat dia ini bahkan sampe nangis. Kalau emang ternyata ini bukan lagu pilihan dia, jelas itu excuse yang tepat! Song choice berperan sangat penting di kompetisi seketat ini (khususnya di bagian cewek).
SO, LET'S VOTE CITRA FOR WILD CARD. SHE DESERVES IT!!!
Score: B-

http://img534.imageshack.us/img534/2411/fauzan.jpg

FAUZAN - TERSERAH (Glenn Fredly)
Di awal, kelihatannya Fauzan bakal tampil bagus, dengan pembawaan yang tenang dan vokal yang cukup terjaga. Sayangnya, ternyata Fauzan bernyanyi dengan terlalu hati-hati...di sepanjang lagu. Pas overtone, Fauzan gagal total dan nggak nyampe nada tingginya. Gayanya juga kaku banget, sorot matanya kayak nggak fokus. Padahal, sekali lagi gw bilang, warna suaranya udah bagus, sayang tekniknya masih nggak memadai.
Score: C

http://img528.imageshack.us/img528/8465/deaa.jpg

DEA - MASIH CINTA (Kotak)
THIS GIRL, ONCE AGAIN, GAVE AN OUTSTANDING PERFORMANCE!!!
After Tesa set the standard so high as the opener, I found it'd be difficult for others to compete with that.
Tapi, Dea emang dahsyaaaat!!! Sulit tampil setelah memberikan penampilan sehebat minggu lalu, yang menurut gw penampilan terbaik di antara 24 kontestan WS 1 & 2. Apalagi minggu lalu, Dea bawain lagu yang bertolak belakang dari karakter vokalnya, yang menambah nilai plus yang bakal sulit disamai apalagi dilewati karena pilihan lagunya minggu ini sangat cocok dan memang 'makanan' Dea.
Tantangannya, bisa nggak Dea tetap tampil luar biasa kayak minggu lalu, dan bisa nggak Dea menyamai atau melebihi Tantri Kotak yang sukses luar biasa bawain lagu ini???
Dan jawabannya ternyata: BISAAAA!!!
Lagi-lagi kontrol emosi emang pegang peranan penting. Seperti yang dilakukan Tesa, Dea tampil dengan kontrol emosi yang bagus, tapi nggak jatuh jadi bermain aman atau hati-hati. Justru Dea tampil alami, improvisasinya natural, emang jiwanya bener-bener lady rocker sejati!
Improv-nya hebat banget! Aransemen vokal-nya paten! Dan permainan dinamikanya asli bikin merinding!
Di saat gw udah merasa Dea udah mencapai batas kehebatan, dia kasih improv di nada tingginya itu dengan SANGAT BAGUS! Nggak terduga dan mencengangkan! Dan sekali lagi terlihat kalau range vocal Dea lebar, suara aslinya yang berat dan rendah diimbangi sempurna dengan falsetto yang mulus dan tajam, yang sangat berguna buat permainan dinamikanya.
CADAS! WHAT A PERFORMANCE!!!
Tantri Kotak sampe tweet 3x muji-muji dan suruh vote Dea!
Score: A+

http://img687.imageshack.us/img687/6789/fenditv.jpg

FENDI - BUKA HATIMU (Armada)
For HIS standard, I'll say that was a great effort.
Kekurangannya secara teknik, yang masih belum meningkat di minggu ini, Fendi imbangi dengan menjaga rasa pop-nya dan penghayatannya. Buat gw, cukup bagus buat standar dia, tapi emang belum cukup pantas secara vokal buat bersaing di kompetisi nyanyi kayak gini. Setuju sama Agnes, Fendi harus fokus di strategi gimana ngakalin kekurangan teknisnya, sambil tetap berusaha meningkatkan vokalnya, kalau...emang maju terus.
Score: C

http://img146.imageshack.us/img146/3408/dianam.jpg

DIANA - HARMONI CINTA (Gita Gutawa)
Satu-satunya poin plus buat Diana adalah: BERANI MATI.
Ya, dia berani mati banget pilih lagu ini, tingkat kesulitan tinggi dan pengaruh Gita Gutawa yang luar biasa kuat.
Selebihnya, gw harus setuju sama Anang: JELEK.
Tekniknya sama sekali masih jauh di bawah Gita Gutawa, berantakan banget vokalnya. Keteteran di sepanjang lagu, banyak nada yang pitchy dan kedengeran 'ngambang'. Lebih-lebih di awal, nada-nada miss karena nafasnya keteteran. Ditambah gerakan a la penari balet-nya yang nggak penting malah tambah menyulitkan dia.
Vokalnya opera? Ok. Tapi, tekniknya masih jelek. Nada-nada tingginya pitchy dan meleset dari sasaran.
Dan kalau Anang bilang mestinya Diana nyanyiin lagu pop dengan gaya dia, justru di lagu yang ber-genre opera kayak gini lah...kelihatan teknik opera Diana masih jelek. Tapi emang saran Anang bener, nyanyiin lagu non-opera dengan gaya opera dia, bisa 'menutupi' tekniknya, karena orang jadi lebih terfokus ke cara bernyanyinya yang beda.
Heran gw, Erwin kok malah nggak se-pedas 3 juri lain kritiknya, padahal dia yang bikin musiknya dan ini lagu anaknya. Apa dia seneng ada 'temen' anaknya di jalur opera? Well, I have to say that...Diana is a third/fourth-rate version of Gita. That was a mess!
Score: C-

Rank:
1.DEA
2.TESA
3.CITRA
4.GILANG
5.WINDRA
6.FENDI
-------------------
7.FAUZAN
8.DIANA

CITRA FOR WILD CARD!!!
*red: eliminated

0 comments: