4.12.2010

[Mamamia] Recap Top 10: Acoustic Nite

Minggu ini, Mamamia membuat tema "Acoustic Night", jadi semua penampilan kontestan malam itu diiringi dengan iringan musik semi-akustik, yang memungkinkan para kontestan lebih ber-eksplorasi dengan vokal mereka - yang akan terdengar lebih jelas dan murni - dan groove musiknya.

Top 10 - Mari Berjoget (Koes Plus)
These Top 10 girls looked amazing with golden dresses, I've always wanted singing contest finalists wear same/similar dresses when they sing together.

Intan - Pemain Cinta (ADA Band)
Minggu lalu Intan dipuji sebagai yang terbaik vokalnya sama para eksekutor. Minggu ini penurunan banget buat Intan. Di depan banyak banget nada yang miss. Dan dari pertengahan ke akhir, Intan nggak melakukan sesuatu buat catch-up menutupi kekurangannya di depan. Intan nggak memberikan sentuhan apa pun ke lagu ini, bahkan vokal alto-nya yang khas pun nggak kedengeran di lagu ini.
Intan kayaknya mesti coba lagu penyanyi perempuan, setelah 2 minggu berturut-turut bawain lagu penyanyi pria.
Score: C-

Putri - Terpesona (Glenn Fredly & Audy)
Putri punya suara yang bisa menaklukkan lagu ini sebenernya, but she didn't pull it off at all. Masih ada beberapa kesalahan teknik, dan Putri masih harus belajar gimana cara atur dinamika. Di beberapa bagian yang mestinya di-'tahan', Putri 'tembak', di bagian yang mestinya di-maksimalin, malah nggak. Dan, seperti kata Kak Lusy, masih belum dapat groove akustik-nya. Sayang banget.
Score: C

Vebby - Single Happy (Oppie Andaresta)
Dari segi vokal, malah penurunan dari minggu lalu. Vebby masih yang terburuk secara vokal. Di awal dia main gitar, tapi kok cuma pas intro aja, pas nyanyi langsung dikasih ke penari?? But, I have to admit that I like these mom-daughter couple, they're cuteee and hard-worker.
Score: D

Nindy - Kisah Cintaku (Chrisye)
Vokal aman, tapi terlalu biasa. Di-dedikasi-kan buat almarhum ayahnya, tapi nggak keliatan penghayatannya. Kata Mama-nya, supaya nggak 'bindeng', lah...justru itu tantangannya, gimana nyanyi dengan feel, tapi tetep kejaga pitch-nya.
Score: C+

Ingga - Masih Ada (Ello)
Lagi-lagi vokalnya terlalu aman. Kurang ada improvisasi dari versi aslinya. Apalagi kuncinya diturunin, jadi tantangan di lagu ini yaitu perpindahan dari suara normal ke falsetto di chorus nggak ada.
Score: C+

Tari - Jangan Menyerah (D'Masiv)
Lagu yang meaning-nya sebenernya pas banget buat Tari. Tapi, sayang lagi-lagi Tari nyanyinya kayak nggak lagi lomba nyanyi. Feel-nya kurang kuat, dan tekniknya berantakan. Nada rendah dan nada tinggi masih hampir selalu pitchy.
Score: C-

Nona - Betapa (Sheila on 7)
Lagi-lagi Nona pilih lagu yang kurang meng-eksplor power dan kemampuan tekniknya. Cara nyanyi Nona sudah bagus, tapi tertahan di lagu dan kurang berani improv. Di awal sampai pertengahan juga ada trouble mic tapi nggak fatal.
Score: C

Inka - Galih dan Ratna (D'Cinnamons / Chrisye) (feat.D'Cinnamons)
Inka dapat kesempatan duet sama D'Cinnamons, yang malam itu jadi bintang tamu! Wah! Tapi agak kasihan sih sama yang lain, Inka jadi beda sendiri.
Inka cukup berhasil mengimbangi Dodo D'Cinnamons dan cukup dapet groove lagu yang di-aransemen ulang sama D'Cinnamons ini. Inka juga kasih beberapa improvisasi dan liukan vokal yang bagus. Overall, bagus.
Score: B

Selvi - Tinggal Kenangan (Caramel)
It was my favorite performance of the night!. Selvi benar-benar memperbaiki kesalahannya minggu lalu. Lagunya cocok dan pas, dengan busana yang cukup bagus dan tata panggung yang simpel. Improvisasi yang diberikan di lagu ini paaas banget sama aransemen akustiknya. Belum 100% sempurna secara teknik, tapi pitch-nya cukup terjaga di sepanjang lagu. Penghayatannya juga mantap dengan emosi yang terkontrol baik. Kata Lusy, mungkin karena usia Selvi yang paling dewasa diantara yang lain, mungkin juga, tapi nggak apa-apa. Yang penting bagus.
Score: A-

Hanna - Siapa Yang Pantas (Domino)
Seperti biasa, vokal aman. Tapi menurut gw, kurang ada 'magnet', 'star power', nothing special with her performance. Nggak ada improvisasi, padahal Hanna bisa sebenernya. Terbukti di nada paling akhir Hanna bisa improv dengan bagus, sayang cuma di terakhir aja.
Score: C+

Rank:
1. Selvi
2. Inka
3. Hanna
4. Ingga
5. Nindy
6. Putri
7. Nona
-----------
8. Intan
9. Tari
10. Vebby

Zona Kritis
Vebby 53
Tari 45 -> TEREKSEKUSI
Intan 68

0 comments: