4.18.2010

[Mamamia] Recap Top 9: LET'S ROCK, BABE!

Minggu ini ke-9 kontestan yang masih bertahan menyanyikan lagu-lagu bertema pop rock.


TOP 9 - BERAKSI (Kotak)

1. HANNA - SEJUTA RASANYA (Bonus)
Di awal banyak banget nada yang miss. Masuk pertengahan, mulai membaik. Dan di belakang Hanna berusaha menyelamatkan penampilannya dengan mencoba beberapa improvisasi. Sayangnya, di depan terlalu hancur, jadi secara keseluruhan penampilannya sangat lemah. Apalagi jiwa rock-nya nggak dapet. Hanna mencoba mengeluarkan suara gerungan a la rock di beberapa bagian, tapi malah terkesan dibuat-buat.
Score: D+

2. SELVI - HAMPA HATIKU (Ungu)
Soal warna suara, Selvi juaranya, nyanyi apapun terdengar beda dengan warna suaranya yang berbeda. Selvi membawakan lagu ini dengan cukup baik. Di bagian cepatnya bisa dinyanyikan Selvi dengan sangat baik. Nggak ada kesalahan berarti, walaupun masih belum ada yang istimewa. Kejutan di penampilan ini saat Mama Nendra menyanyikan part dangdutnya.
Score: B

3. INKA - AKU CINTA KAU DAN DIA (Mulan Jameela)
Di lagu ini, timbre dan tekstur suara Inka yang agak berat dan penuh vibrasi terdengar jelas. Sayangnya, menurut gw lagu ini masih berada di atas kemampuan Inka. Di nada-nada rendah dan sedang, Inka cukup berhasil menyanyikan dengan mulus. Sayangnya di nada-nada tinggi terutama di bagian chorus, Inka terdengar jelas tidak bisa menyanyikan dengan baik. Apalagi versi Mulan yang up-beat ini banyak memiliki nada tinggi dibanding versi original Dewa 19.
Score: C+

4. NONA - TAK TERBALAS (Drive)
Wow, penampilan Nona dari minggu ke minggu semakin meningkat. Dengan short dress berwarna kuning dan lilitan kain hitam plus tatanan rambut khas daerahnya, Nona tampil sangat cantik dan memukau.
Lagu ini juga sangat pas dibawakan Nona, dengan suara bertenaganya, Nona bisa membawa nuansa rock tanpa kesulitan. Memang di bagian chorus, dimana terdapat beberapa nada falset, Nona sering kesulitan, namun belum fatal.
Score: B+

5. NINDY - SERPIHAN HATI feat.Pia Utopia (Utopia)
Nindy mengawali lagu dengan bagus, vokal yang tenang dan penghayatan yang dalam. Sayangnya, Nindy nggak membawa lagu ini naik ke level yang lebih tinggi, jadi hanya begitu terus dari awal sampai akhir, jadi kesannya malah jadi flat. Grafik penampilannya yang diawali dengan baik malah jadi menurun.
Nindy sendiri kelihatan salah tingkah saat Pia bergabung di pertengahan lagu. Mungkin memang benar mereka belum sempat latihan, tapi kenapa setelah chorus pertama, Nindy nggak langsung melanjutkan ke bait kedua seakan udah tahu Pia akan tampil? Hmmm....
Score: C-

6. VEBBY - MUSNAH (Andra & the Backbone)
Pertama, gw suka kostumnya. Gaun hitam a la lady rocker, dengan bagian atas press badan, cocok banget sama Vebby.
Secara vokal, gw harus setuju sama Mama Nita, kalau vokal Vebby memang ada peningkatan. Walaupun masih tergolong di bawah rata-rata, tapi terlihat usaha keras mereka untuk memperbaiki kekurangan. Aksi panggung Vebby sendiri cukup menarik dengan tidak malu-malu berinteraksi dengan penonton.
Score: D+

7. INTAN - CINTA MATI 2 (Mulan Jameela)
Untuk penyanyi bersuara alto, Intan cukup kesulitan di awal lagu dalam mengambil nada rendah. Di bagian chorus, memang cukup baik. Namun keseluruhan penampilannya membosankan karena tidak ada kejutan berarti dan kurang memanfaatkan suara besarnya.
Kostumnya yang dipuji Mama Donna, malah menurut gw aneh, karena mengkombinasikan atasan yang bergaya rock dengan rok renda putih.
Score: C

8. INGGA - TINGGALKAN SAJA (Kotak)
Agak terganggu dengan tampilan background-nya yang menayangkan video Ingga jingkrak-jingkrak nggak jelas.
Seperti biasa, vokal tidak ada kesalahan berarti, tapi nggak ada yang istimewa...sayang sekali. Padahal dengan teknik yang tergolong bagus, Ingga harusnya bisa memberikan improvisasi di sana sini untuk keluar dari bayang-bayang Tantri Kotak yang jelas lebih bagus dari Ingga kalau dia bawain dengan cara standard begitu.
Score: B-

9. PUTRI - ULAR BERBISA (Hello)
Setali tiga uang sama Ingga. Vokal cukup prima, tapi mana improvisasi khas Putri??? Penampilan kayak gini tergolong bagus untuk ukuran Mamamia tahun ini, tapi bisa terancam masuk Zona Kritis di musim-musim sebelumnya (terutama saat eksekutor masih nyebelin karena mihak kontestan yang "imut" model Brenda, Vira, oh you name them...).
Score: B-

Rank:
1. NONA
2. SELVI
3. PUTRI
4. INGGA
5. INKA
6. INTAN
-------------
7. NINDY
8. HANNA
9. VEBBY

Zona Kritis:
Nindy 69
Vebby 55 -> TEREKSEKUSI
Hanna 61

Akhirnya, Vebby ter-eksekusi setelah masuk Zona Kritis 5x berturut-turut.
Di Histeria Mamamia, Mama Nita dengan rendah hati bilang kalau mungkin memang sudah waktunya mereka keluar. Mama cantik ini juga menyemangati teman-temannya yang masih bertahan, akan mendukung mereka. Ia juga berterimakasih pada Indosiar atas kesempatan ini dan sudah menganggap semua kru sebagai saudara sendiri.
It's good to see them took this elimination so calm. Pada saat angkanya dilewati Hanna - yang dilarikan ke ambulans setelah dinyatakan masuk zona kritis karena gangguan pernafasan - Mama Nita dan Vebby kelihatan menerimanya dengan lapang dada.

0 comments: