4.05.2010

[Indonesian Idol] Recap Workshop #1

http://img710.imageshack.us/img710/1164/keyko.jpg
Keyko - Separuh Nafas (Dewi Dewi)
Dari segi teknik nggak ada masalah, tapi juga nothing special. Durasi penampilannya juga cepet banget dibanding yang lain, cuma 1:45 menit. Jadi nge-gas dari awal dan nggak ada dinamikanya jadinya. Overall, masih ok.
Score: B-

http://img144.imageshack.us/img144/2411/fauzan.jpg
Fauzan - Ku Tak Bisa (Slank)
Penampilannya kaku, dan bener-bener cuma nyanyiin versi Slank mentok, dan sama sekali nggak lebih bagus. Klimaksnya nggak ada, padahal karakter suaranya sebenernya udah ada.
Score: C

http://img63.imageshack.us/img63/4223/icah.jpg
Ica - Mati Rasa (Dewi Sandra)
Bagus banget! Warna suaranya kuat. Pinter mainin dinamika-nya, di awal sampai pertengahan dibiarin agak datar, tapi di belakang bagus banget. Penampilannya juga tenang dan matang.
Score: A

http://img255.imageshack.us/img255/3976/michaelf.jpg
Michael - Saat Terakhir (ST12)
Main piano-nya belum bagus-bagus banget, dan belum sempurna. Nyanyinya juga biasa banget, tapi menurut gw udah bisa lepas dari pengaruh cengkok Melayu-nya Charly.
Score: C+

http://img714.imageshack.us/img714/7393/citra.jpg
Citra - Mau Dibawa Kemana (Armada)
Soal warna suara, nggak usah diomongin lagi, Citra meganggg banget. Mantap. Groove-nya juga dapet banget. Asli bikin lagu ini stuck on mind sampe sekarang. Pembawaannya juga santai. Pokoknya keren.
Score: A

http://img198.imageshack.us/img198/276/windra.jpg
Windra - Rindu Setengah Mati (D'Masiv)
Vokalnya konstan dan terkontrol baik. Emosinya juga, jadi feel dari penghayatannya pas. Tapi harus tingkatin lagi kalau mau bertahan lama.
Score: B-

http://img341.imageshack.us/img341/6728/bagus.jpg
Bagus - Sejuta Rasanya (Bonus)
Sebenernya suaranya bagus, tapi terlalu cari aman, padahal lagunya sendiri termasuk mudah dan melodinya diulang-ulang jadi enak di-improv.
Score: C

http://img406.imageshack.us/img406/2493/melar.jpg
Mela - Cindai (Siti Nurhaliza)
Temponya acak-acakan. Dan pitchy dimana-mana. Pemenggalan kata di chorus-nya nggak enak banget, jadi kedengeran dipatah-patah. Penggunaan cengkok Melayu-nya mestinya digunain di lagu yang non-Melayu justru menurut gw mestinya.
Score: D

http://img515.imageshack.us/img515/7862/riogo.jpg
Rio - Takkan Terganti (Kahitna)
Nggak bagus. Banyak pitchy dan pakai suara leher, jadi nggak enak banget didenger. Pas overtone yang nadanya mestinya naik-naik, ini malah flat. He was so overrated IMO.
Score: C-

http://img412.imageshack.us/img412/5924/tesam.jpg
Tesa - Pandangan Pertama (RAN)
Justru tantangan buat Tesa di lagu-lagu beat anak muda kayak gini. Sebenarnya cukup berhasil, tapi masih kurang rapi gunain tekniknya. Low notes di awal lagu banyak yang hampir lepas, dan pitchy cukup banyak di awal karena terlalu sibuk gerak. Falsetto di sepanjang lagu juga kurang tajam.
Secara teknik emang termasuk yang terbaik, tapi masih kurang rapi digunainnya. Tapi, gw suka di awal banyak improvisasi, dan bawainnya cukup beda dari penyanyi aslinya.
Ke depan, mesti pintar-pintar pilih lagu. Biasanya frontrunner dari awal nggak jadi juara karena udah dikasih high expectation di tiap penampilan. Dan mesti perbaiki penampilannya yang emang old-fashioned.
Score: B

http://img90.imageshack.us/img90/2808/sanni.jpg
Sanni - Kisah Tak Sempurna (Samsons)
He ruined my favorite song!
Ini lagu susah dan citra Bams Samsons udah lekat banget di setiap lagunya. Sanni, dengan suara di bawah standar, pitchy dimana-mana, dan nggak bisa ambil nada-nada tingginya. Untungnya...dia skip pas part sulitnya, kalo diambil juga.....gw gak bisa bayangin sejelek apa jadinya.
Score: D

http://img689.imageshack.us/img689/1555/doremiv.jpg
Doremi - Teruskanlah (Agnes Monica)
Buat gw penampilan Doremi nggak bagus. Dia jadi Agnes-wannabe di depan Agnes-nya sendiri. Nyanyinya cuma pengen nyamain Agnes, padahal masih jauh di bawah. Nada-nadanya ada yang turun, dan nggak bisa handle lagu besar kayak gini. Yang parah di bagian overtone-nya. Aneh deh juri-jurinya pada muji, cuma Agnes yang kritik.
Score: C-

Rank:
1.ICA
2.CITRA
3.TESA
4.WINDRA
5.KEYKO
6.MICHAEL
7.FAUZAN
8.RIO
9.BAGUS
10.DOREMI
11.SANNI
12.MELA
*red: eliminated

0 comments: