7.01.2010

Defending Cristiano Ronaldo

Okay, I don't even know how to begin this post.

Here's the thing.

Portugal lost to Spain 0-1 in the round of 16 of FIFA World Cup 2010, and everyone (especially, MEDIA) is blaming and insulting Cristiano Ronaldo.

I mean, HELLOOOOO?????

Just because he is the world's most expensive player???
Just because everybody's looking at Portugal team as nothing but him???

Okay, he missed that chance to score a goal at the nearly end of the match. But, so what?!!
Why is it taken like a stupid blunder that Robert Green did when slipped the Jabulani ball and let United States tied England??
Why is it taken like he gave in the win for Spain??
Why is it taken like it was the end of the world??

And many stupid people keep saying that he didn't play his best...or he played terrible...or he doesn't deserve to be the captain of Portugal
And they start comparing him to David Villa or Lionel Messi
COME ON!!!!!!!!!!

First,
Portugal was the underdog against Spain.
We all know that Spain is the favorite, not only for the match, but even to win the tournament.
Yes, Spain lost surprisingly to Swiss on their first match, but they managed to won the other matches and keep their reputation as favorite.
(And so you all know, that Spain is one my favorites too, but all this shit makes me a little bit "dislike" them as their win is becoming overrated)
And Portugal played so well facing the European champion.
They defended very good on the first half, let Spain's 60-something percent ball possession didn't convert into a goal at all.
And their counter-attack threatened Iker Casillas many times.
And then on the second half, Vicente del Bosque replaced Fernando Torres, so David Villa could have more space and didn't act as the "second striker" again.
The next thing, Portugal defenders lost their pressing a bit and there was why that goal happened.
I have to remind you that Eduardo - Portugal goalkeeper - has blocked it, but the rebound ball didn't missed by the Spaniard.
And after that, Portugal kept playing good. As the "left behind" team, they defended well to not let Spain score more goals, while their counter-attack was resulting many big chances to tie the score.

So, Ronaldo served pretty well as the captain. And I have to mention "Vuvuzela factor" that those vuvuzelas were keep making noisy sounds the entire match - and tournament - so the coach and the players, and the player to another player, couldn't communicate well.
So, as the captain, and as he said himself, that the "Vuvuzela factor" played something so he - and any other captain - couldn't lead their teammates well.
What about Spain? Well...I have to say that they don't really need a captain, since their squad are stars and very good players, technically and tactically. And, anyway, their captain is Iker Casillas, who spends most of the times pretty far away below the crossbar.
Portugal is a team of stars, too. But, we all need to be honest, that their players are not as big as Spaniards, and they a bit focused to their leader, Ronaldo.

And I know I sound like making excuse about that. But, I have to say that to adding more arguments against those bullshits around us now, insulting Ronaldo.

Second, and this is the point,
THEY ARE TREATING RONALDO TOO HARD AT THE WORLD CUP!!!!!!!
Since Day 1, they're keeping their eyes on him. I'm sure we - including me - are normally set our expectations so high for him.
We want so much from him. We want him to make many beautiful goals. We want him to turn those free kick chances into goals. We want him to shine. We want him to prove that he deserves to be world's most expensive player. We keep reminding ourselves that he named "FIFA World's Best Player" two years ago.
UNFORTUNATELY, we start to forget that he is a human being. That he is a normal football player - that highly possible to make a mistake or two.

About the "world's most expensive player" thing. I do believe that he doesn't need to prove that he deserves it. He just did!
He has proved that Real Madrid has PAID FUCKING OFF to spent huge bucks on him as he has scored 26 GOALS on 29 GAMES!

And the different "quality" between his game on club and on the national team. It is really really normal and explain-able. He is simply more comfortable play on the club since he spends mooore time training with his teammates on the club, making the strategy, lead by nobody but a coach like Jose Mourinho, and his teammates are BETTER. Come on, they are "Los Galacticos"!
So it is very very understandable that he hasn't yet to achieve his level when he's playing for his club on the national team.
Even Lionel Messi is getting the very same situation! And many other really talented players.
But...Ronaldo isn't bad at all on the national team. He led Portugal to semi-final in 2006 World Cup. And that wasn't easy, won over Netherlands and England en route to the semi-final.

And even more understandable, you can see HOW HARD for him to even keep standing the second he got the ball, as two or three or even more opponent players suddenly surrounding him and ready to cut his legs!
Every opponents are freaking out everytime he got the ball!!! And they call it DIVING!!! OH MY GOD!!!!!
Sooo....it just proves how talented he is to keep making great chances to make goals, and actually scored a goal against North Korea - I knoowww, Portugal destroyed them (Ha! Brazil didn't even able to do that!) but Ronaldo's goal wasn't an easy one if you are really watch it - and assisted some goals, with the circumstances that I mentioned before!

So is Portugal's journey this year.
They are in the toughest group of all, Group G contains five-time champion, Brazil ; Ivory Coast ; and North Korea.
So, made it into knock-out round is a good result, for sure.
And they kicked out by no other than aforementioned, the favorite, Spain.

And right after Portugal lost to Spain, the media started to finding Ronaldo's mistakes again!
After the match, Ronaldo is seen spitting - WHEN THE CAMERA FOLLOWED HIM!
And they're starting to make a BIG BIG DEAL of it!!!
WHAT - A - BULLSHIT !!!!!!!!!

I watched the match, I watched when he was spitting, and I didn't even think about it.
I MEAN, H-E-L-L-O-OOOOOOO, that's a fucking normal thing!
Everybody spits ALL THE TIME on the entire game!
ALL THE TIIIIMEEEEEEEEE......!!!
OH - MY - GOD!!!
WHAT THE HELL THEY'RE MAKING OUT OF IT???!!!!!

You do not even have to be a football expert to tell that spitting is a kind of footballers' usuality!
Every single match, upon the entire game, we can see three or four players spit in between.
And it's MORE normal SIIINCE his team just kicked out of the most important, prestigious, biggest sport even in the world.

THEY JUST WANT TO FIND HIS MISTAKE
AND KEEP INSULTING HIM
AND ADD MORE BAD STUPID NEWS ABOUT HIM
AND MAKE MORE MONEY OUT OF IT!!!!!!

WHHAAAT A LOSSSEEERRRR!!!!!

For those stupid people, critics, commentators, or what-so-ever...
You really have to realize it!
YOU ARE ABOUT TO KILL YOUR (WORLD'S) ONE OF THE MOST TALENTED MEN EVER!!!

He's young, and he has to take many responsibilites.
And to get those STUPID - HARSH - BRUTAL CRITICISMS???????
It hurts him.

"I feel a broken man, completely disconsolate, frustrated and an unimaginable sadness. ... I am a human being and like any human being I suffer and I have the right to suffer alone."

WAKE UP, PEOPLE!!!
LEAVE HIM ALONE!!!

4.19.2010

[Indonesian Idol] Recap Workshop #3

RECAP INDONESIAN IDOL 2010 (SEASON 6) - WORKSHOP 3

http://img440.imageshack.us/img440/8527/tesa.jpg

TESA - MATAHARIKU (Agnes Monica)
Dari pertama gw tau Tesa bakal nyanyiin lagu Agnes, perkiraan gw emang lagu ini dan gw seneng banget Tesa berani ambil resiko besar, ini lagu sulit, lagu juri, dan kontestan sebelumnya yang nyanyiin lagu Agnes keluar. Ditambah lagi Tesa tampil pertama, so there was so much pressure on her.
AND...SHE DID IT VERY VERY WELL!!!
Pertama, kontrol emosinya luar biasa terjaga. Dari awal sampai akhir Tesa tampil tenang dengan pembawaan bak penyanyi pro, dan sukses menempatkan emosinya dengan sangat tepat.
Kedua, kalau di penampilan sebelumnya gw bilang Tesa belum gunain tekniknya yang bagus dengan baik, kali ini...Tesa luar biasa! Control tone-nya sangat rapi dan terjaga, gw bisa bilang pitch Tesa yang terbaik di WS 3 ini.
Ketiga, I looove the way she gave improvisations to this song!. Tesa bener-bener keluar dari pengaruh Agnes yang kuat, dan membawakan lagu ini 100% dengan cara dia. Yang gw suka, improv-nya beda, seakan-akan alami keluar begitu aja. Di awal, gw sukaaa banget waktu Tesa mainin suaranya naik-naik ke falset. Dan perubahan melodi yang Tesa lakukan di sepanjang lagu, sangaaat baik dan terdengar sangat original.
Keempat, permainan dinamikanya ciamik! Tesa bahkan nggak ngikutin penempatan dinamika lagu aslinya. Tesa bisa tembak high note-nya dan kasih klimaks di lagu ini dengan bagus banget.
Dan gw suka banget cara Agnes komen: "Tesa............................................, I loved it."
Kalau Tesa bisa menjaga penampilannya kayak gini, tetap mengejutkan dan pilihan lagu yang bagus, she can be a very dangerous opponent for everyone!!!
Score: A+

http://img121.imageshack.us/img121/7682/gilang.jpg

GILANG - MALAM BIRU (Sandhy Sandoro)
Gilang sukses membawa suasana, groove dan atmosfer yang berbeda dari lagu ini. Sayangnya, dia nggak sukses dalam segi vokal dan permainan gitarnya. Di belakang bahkan ada nada tinggi yang kentara banget gagal dicapai Gilang. Peningkatan dari minggu lalu, tapi masih kebanting sama penampilan cewek-cewek.
Score: B-

http://img198.imageshack.us/img198/276/windra.jpg

WINDRA - ISABELLA (ST12)
It's completely unfair to judge someone only by his musical genre, Windra did a good job. Dia cukup berhasil keluar dari pengaruh Charly di lagu ini, dan seperti biasa vokalnya sangat konstan dan terjaga stabil. Tapi itu justru bisa jadi kelemahannya, kalau cuma mengandalkan kestabilan vokal tanpa dinamika, lama-lama bisa bosan. Dan, tipe lagu seperti ini memang udah 'makanan' Windra. Windra harus improve dari ini kalau mau melangkah lebih jauh.
Score: B-

http://img714.imageshack.us/img714/7393/citra.jpg

CITRA - KARENA KU CINTA KAU (Bunga Citra Lestari)
Okay, it's pretty hard to describe this performance.
Jelas, ini bukan persembahan terbaik Citra. Jelas kelihatan perbedaan pembawaan Citra minggu lalu dan minggu ini. Minggu lalu, Citra begitu masuk dan nge-blend ke lagu. Tapi minggu ini...there's something between her and this song that doesn't really fit well. Entah karena kurang persiapan, atau Citra nggak nyaman sama lagunya, atau aransemen yang kurang pas, yang jelas lagu ini gagal meng-eksplor kemampuan terbaik Citra, atau sebaliknya Citra yang kurang menguasai lagu ini, seperti yang biasa dia lakukan.
Terlepas dari itu semua, sebenarnya ini masih termasuk bagus. Ciri khas Citra yang luar biasa tetap menonjol. Bahkan gw bilang improvisasi dan ornamen yang Citra tambahkan di lagu ini lebih variatif dan berani dari minggu lalu, banyak liukan vokal khas Citra di sepanjang lagu, perubahan melodi, dan bahkan di belakang Citra berani mengambil nada lebih tinggi sambil berimprovisasi.
Tapi...ya itu tadi, semua itu gagal di-blend dengan baik sama Citra. Dan masih belum rapi. Secara teknik, Citra sebenernya punya teknik yang bagus, keliatan jelas di penampilan ini. Banyak orang nganggep Citra cuma menang warna suara, padahal secara teknik Citra sama sekali nggak kalah dengan kontestan cewek lain, tapi memang harus diakui, kekuatan warna suara Citra seringkali 'menutupi' kemampuan vokalnya yang sesungguhnya. Tapi, tadi memang banyak nada yang nggak tereksekusi sempurna.
Lagi-lagi gw bilang ini karena faktor persiapan, karena jelas Citra sanggup bawain lagu ini sebaik atau bahkan lebih dari penampilannya minggu lalu. Bukan bermaksud kasih excuse, tapi gw dapet kabar kalo Citra nggak suka sama lagu yang dipilihin buat dia ini bahkan sampe nangis. Kalau emang ternyata ini bukan lagu pilihan dia, jelas itu excuse yang tepat! Song choice berperan sangat penting di kompetisi seketat ini (khususnya di bagian cewek).
SO, LET'S VOTE CITRA FOR WILD CARD. SHE DESERVES IT!!!
Score: B-

http://img534.imageshack.us/img534/2411/fauzan.jpg

FAUZAN - TERSERAH (Glenn Fredly)
Di awal, kelihatannya Fauzan bakal tampil bagus, dengan pembawaan yang tenang dan vokal yang cukup terjaga. Sayangnya, ternyata Fauzan bernyanyi dengan terlalu hati-hati...di sepanjang lagu. Pas overtone, Fauzan gagal total dan nggak nyampe nada tingginya. Gayanya juga kaku banget, sorot matanya kayak nggak fokus. Padahal, sekali lagi gw bilang, warna suaranya udah bagus, sayang tekniknya masih nggak memadai.
Score: C

http://img528.imageshack.us/img528/8465/deaa.jpg

DEA - MASIH CINTA (Kotak)
THIS GIRL, ONCE AGAIN, GAVE AN OUTSTANDING PERFORMANCE!!!
After Tesa set the standard so high as the opener, I found it'd be difficult for others to compete with that.
Tapi, Dea emang dahsyaaaat!!! Sulit tampil setelah memberikan penampilan sehebat minggu lalu, yang menurut gw penampilan terbaik di antara 24 kontestan WS 1 & 2. Apalagi minggu lalu, Dea bawain lagu yang bertolak belakang dari karakter vokalnya, yang menambah nilai plus yang bakal sulit disamai apalagi dilewati karena pilihan lagunya minggu ini sangat cocok dan memang 'makanan' Dea.
Tantangannya, bisa nggak Dea tetap tampil luar biasa kayak minggu lalu, dan bisa nggak Dea menyamai atau melebihi Tantri Kotak yang sukses luar biasa bawain lagu ini???
Dan jawabannya ternyata: BISAAAA!!!
Lagi-lagi kontrol emosi emang pegang peranan penting. Seperti yang dilakukan Tesa, Dea tampil dengan kontrol emosi yang bagus, tapi nggak jatuh jadi bermain aman atau hati-hati. Justru Dea tampil alami, improvisasinya natural, emang jiwanya bener-bener lady rocker sejati!
Improv-nya hebat banget! Aransemen vokal-nya paten! Dan permainan dinamikanya asli bikin merinding!
Di saat gw udah merasa Dea udah mencapai batas kehebatan, dia kasih improv di nada tingginya itu dengan SANGAT BAGUS! Nggak terduga dan mencengangkan! Dan sekali lagi terlihat kalau range vocal Dea lebar, suara aslinya yang berat dan rendah diimbangi sempurna dengan falsetto yang mulus dan tajam, yang sangat berguna buat permainan dinamikanya.
CADAS! WHAT A PERFORMANCE!!!
Tantri Kotak sampe tweet 3x muji-muji dan suruh vote Dea!
Score: A+

http://img687.imageshack.us/img687/6789/fenditv.jpg

FENDI - BUKA HATIMU (Armada)
For HIS standard, I'll say that was a great effort.
Kekurangannya secara teknik, yang masih belum meningkat di minggu ini, Fendi imbangi dengan menjaga rasa pop-nya dan penghayatannya. Buat gw, cukup bagus buat standar dia, tapi emang belum cukup pantas secara vokal buat bersaing di kompetisi nyanyi kayak gini. Setuju sama Agnes, Fendi harus fokus di strategi gimana ngakalin kekurangan teknisnya, sambil tetap berusaha meningkatkan vokalnya, kalau...emang maju terus.
Score: C

http://img146.imageshack.us/img146/3408/dianam.jpg

DIANA - HARMONI CINTA (Gita Gutawa)
Satu-satunya poin plus buat Diana adalah: BERANI MATI.
Ya, dia berani mati banget pilih lagu ini, tingkat kesulitan tinggi dan pengaruh Gita Gutawa yang luar biasa kuat.
Selebihnya, gw harus setuju sama Anang: JELEK.
Tekniknya sama sekali masih jauh di bawah Gita Gutawa, berantakan banget vokalnya. Keteteran di sepanjang lagu, banyak nada yang pitchy dan kedengeran 'ngambang'. Lebih-lebih di awal, nada-nada miss karena nafasnya keteteran. Ditambah gerakan a la penari balet-nya yang nggak penting malah tambah menyulitkan dia.
Vokalnya opera? Ok. Tapi, tekniknya masih jelek. Nada-nada tingginya pitchy dan meleset dari sasaran.
Dan kalau Anang bilang mestinya Diana nyanyiin lagu pop dengan gaya dia, justru di lagu yang ber-genre opera kayak gini lah...kelihatan teknik opera Diana masih jelek. Tapi emang saran Anang bener, nyanyiin lagu non-opera dengan gaya opera dia, bisa 'menutupi' tekniknya, karena orang jadi lebih terfokus ke cara bernyanyinya yang beda.
Heran gw, Erwin kok malah nggak se-pedas 3 juri lain kritiknya, padahal dia yang bikin musiknya dan ini lagu anaknya. Apa dia seneng ada 'temen' anaknya di jalur opera? Well, I have to say that...Diana is a third/fourth-rate version of Gita. That was a mess!
Score: C-

Rank:
1.DEA
2.TESA
3.CITRA
4.GILANG
5.WINDRA
6.FENDI
-------------------
7.FAUZAN
8.DIANA

CITRA FOR WILD CARD!!!
*red: eliminated

4.18.2010

[Mamamia] Recap Top 9: LET'S ROCK, BABE!

Minggu ini ke-9 kontestan yang masih bertahan menyanyikan lagu-lagu bertema pop rock.


TOP 9 - BERAKSI (Kotak)

1. HANNA - SEJUTA RASANYA (Bonus)
Di awal banyak banget nada yang miss. Masuk pertengahan, mulai membaik. Dan di belakang Hanna berusaha menyelamatkan penampilannya dengan mencoba beberapa improvisasi. Sayangnya, di depan terlalu hancur, jadi secara keseluruhan penampilannya sangat lemah. Apalagi jiwa rock-nya nggak dapet. Hanna mencoba mengeluarkan suara gerungan a la rock di beberapa bagian, tapi malah terkesan dibuat-buat.
Score: D+

2. SELVI - HAMPA HATIKU (Ungu)
Soal warna suara, Selvi juaranya, nyanyi apapun terdengar beda dengan warna suaranya yang berbeda. Selvi membawakan lagu ini dengan cukup baik. Di bagian cepatnya bisa dinyanyikan Selvi dengan sangat baik. Nggak ada kesalahan berarti, walaupun masih belum ada yang istimewa. Kejutan di penampilan ini saat Mama Nendra menyanyikan part dangdutnya.
Score: B

3. INKA - AKU CINTA KAU DAN DIA (Mulan Jameela)
Di lagu ini, timbre dan tekstur suara Inka yang agak berat dan penuh vibrasi terdengar jelas. Sayangnya, menurut gw lagu ini masih berada di atas kemampuan Inka. Di nada-nada rendah dan sedang, Inka cukup berhasil menyanyikan dengan mulus. Sayangnya di nada-nada tinggi terutama di bagian chorus, Inka terdengar jelas tidak bisa menyanyikan dengan baik. Apalagi versi Mulan yang up-beat ini banyak memiliki nada tinggi dibanding versi original Dewa 19.
Score: C+

4. NONA - TAK TERBALAS (Drive)
Wow, penampilan Nona dari minggu ke minggu semakin meningkat. Dengan short dress berwarna kuning dan lilitan kain hitam plus tatanan rambut khas daerahnya, Nona tampil sangat cantik dan memukau.
Lagu ini juga sangat pas dibawakan Nona, dengan suara bertenaganya, Nona bisa membawa nuansa rock tanpa kesulitan. Memang di bagian chorus, dimana terdapat beberapa nada falset, Nona sering kesulitan, namun belum fatal.
Score: B+

5. NINDY - SERPIHAN HATI feat.Pia Utopia (Utopia)
Nindy mengawali lagu dengan bagus, vokal yang tenang dan penghayatan yang dalam. Sayangnya, Nindy nggak membawa lagu ini naik ke level yang lebih tinggi, jadi hanya begitu terus dari awal sampai akhir, jadi kesannya malah jadi flat. Grafik penampilannya yang diawali dengan baik malah jadi menurun.
Nindy sendiri kelihatan salah tingkah saat Pia bergabung di pertengahan lagu. Mungkin memang benar mereka belum sempat latihan, tapi kenapa setelah chorus pertama, Nindy nggak langsung melanjutkan ke bait kedua seakan udah tahu Pia akan tampil? Hmmm....
Score: C-

6. VEBBY - MUSNAH (Andra & the Backbone)
Pertama, gw suka kostumnya. Gaun hitam a la lady rocker, dengan bagian atas press badan, cocok banget sama Vebby.
Secara vokal, gw harus setuju sama Mama Nita, kalau vokal Vebby memang ada peningkatan. Walaupun masih tergolong di bawah rata-rata, tapi terlihat usaha keras mereka untuk memperbaiki kekurangan. Aksi panggung Vebby sendiri cukup menarik dengan tidak malu-malu berinteraksi dengan penonton.
Score: D+

7. INTAN - CINTA MATI 2 (Mulan Jameela)
Untuk penyanyi bersuara alto, Intan cukup kesulitan di awal lagu dalam mengambil nada rendah. Di bagian chorus, memang cukup baik. Namun keseluruhan penampilannya membosankan karena tidak ada kejutan berarti dan kurang memanfaatkan suara besarnya.
Kostumnya yang dipuji Mama Donna, malah menurut gw aneh, karena mengkombinasikan atasan yang bergaya rock dengan rok renda putih.
Score: C

8. INGGA - TINGGALKAN SAJA (Kotak)
Agak terganggu dengan tampilan background-nya yang menayangkan video Ingga jingkrak-jingkrak nggak jelas.
Seperti biasa, vokal tidak ada kesalahan berarti, tapi nggak ada yang istimewa...sayang sekali. Padahal dengan teknik yang tergolong bagus, Ingga harusnya bisa memberikan improvisasi di sana sini untuk keluar dari bayang-bayang Tantri Kotak yang jelas lebih bagus dari Ingga kalau dia bawain dengan cara standard begitu.
Score: B-

9. PUTRI - ULAR BERBISA (Hello)
Setali tiga uang sama Ingga. Vokal cukup prima, tapi mana improvisasi khas Putri??? Penampilan kayak gini tergolong bagus untuk ukuran Mamamia tahun ini, tapi bisa terancam masuk Zona Kritis di musim-musim sebelumnya (terutama saat eksekutor masih nyebelin karena mihak kontestan yang "imut" model Brenda, Vira, oh you name them...).
Score: B-

Rank:
1. NONA
2. SELVI
3. PUTRI
4. INGGA
5. INKA
6. INTAN
-------------
7. NINDY
8. HANNA
9. VEBBY

Zona Kritis:
Nindy 69
Vebby 55 -> TEREKSEKUSI
Hanna 61

Akhirnya, Vebby ter-eksekusi setelah masuk Zona Kritis 5x berturut-turut.
Di Histeria Mamamia, Mama Nita dengan rendah hati bilang kalau mungkin memang sudah waktunya mereka keluar. Mama cantik ini juga menyemangati teman-temannya yang masih bertahan, akan mendukung mereka. Ia juga berterimakasih pada Indosiar atas kesempatan ini dan sudah menganggap semua kru sebagai saudara sendiri.
It's good to see them took this elimination so calm. Pada saat angkanya dilewati Hanna - yang dilarikan ke ambulans setelah dinyatakan masuk zona kritis karena gangguan pernafasan - Mama Nita dan Vebby kelihatan menerimanya dengan lapang dada.

4.13.2010

[Indonesian Idol] Recap Workshop #2


Igo - Tak Lekang Oleh Waktu (Kerispatih)
Berat untuk jadi pembuka, karena bebannya pasti besar di dia. Pitch Igo emang nggak perfect, tapi suaranya sebenernya bagus, bisa nguasain panggung dan yang penting nggak takut dalam improvisasi. Gw suka banget improvisasi-improvisasinya, pas dan mantap banget. Kalau bisa lebih menjaga pitch, Igo bisa jadi kuda hitam.
And Agnes was so damn honest, he's handsome and has a proportional body!
Score: B-



Andi - Meraih Mimpi (J-Rocks)
Pertama, gw suka warna suaranya yang tebel dan cukup berkarakter. Sayangnya, terlalu cover version, hampir nggak ada improvisasi padahal lagunya banyak pengulangan nada yang itu-itu aja. Jadi keliatan cuma sibuk jingkrak sana jingkrak sini.
Score: C

http://img146.imageshack.us/img146/3408/dianam.jpg
Diana - Kapan Lagi Bilang I Love You (Dewi Sandra)
Suara opera-nya khas dan beda banget. Tapi Diana harus memperhalus tekhniknya lagi karena emang banyak tembakan nada tingginya yang terlalu tajam jadi kurang enak didenger. Tapi overall udah oke.
Score: B

http://img528.imageshack.us/img528/8465/deaa.jpg
Dea - Perih (Vierra)
WHAT A PERFORMANCE!!!
Hebat banget beneran nih cewek Bandung! Warna suaranya yang berat khas banget, dan Dea sukses besar nge-rombak lagu ini jadi milik dia, bener-bener lepas dari penyanyi aslinya dan jauh lebih bagus. Improvisasinya mantap, klimaks-nya dapat, dan pitch-nya pas semua. Perpindahan dari chest voice ke falsetto-nya juga bagus banget.
DEA PUT VIERRA ON A SHAME!
Score: A+

http://img687.imageshack.us/img687/6789/fenditv.jpg
Fendi - Status Palsu (Vidi Aldiano)
Enjoy dan groove dari musik-nya dapet banget menurut gw. Dari segi teknik emang sama sekali nggak ada yang spesial. Tapi, at least Fendi bisa nguasain panggung dan suaranya komersil banget.
Score: C+

http://img149.imageshack.us/img149/7514/orin.jpg
Orin - Pernah Muda (Bunga Citra Lestari)
Duh...ckck, jelek banget. Di awal sibuk nari perut sampai telat starting point. Dar awal sampai akhir berantakan banget nyanyinya dan banyak banget nada yang meleset.
Score: D

http://img121.imageshack.us/img121/7682/gilang.jpg
Gilang - Wajahmu Mengalihkan Duniaku (Afgan)
Karakter suara bagus, tekhnik juga cukup bagus, nggak terpaku sama versi aslinya, bisa nguasain panggung dan bisa sampein isi lagu. Gw suka falset di akhir lagunya. Kalau Gilang bisa improve lagi dari ini (dan kasih liat kemampuan main alat musiknya), dia bisa lebiiih bagus lagi.
Score: B

http://img85.imageshack.us/img85/1707/zulfa.jpg
Zulfa - Kasih Putih (Glenn Fredly)
Bagus! Semua nadanya pas, nggak ada masalah secara teknik. Di awal sampai pertengahan, masih stay sama versi aslinya, tapi di belakang Zulfa bener-bener hajar total dengan improvisasi-improvisasinya. Keren!
Score: B+

http://img59.imageshack.us/img59/9906/10264067.jpg
QZ - Hampa Hatiku (Ungu)
Pas di video dia bilang akan cari konsep yang kesannya nggak main-main. Mana? Gw setuju sama Anang, QZ kelihatan understating panggung, dan nggak kelihatan lagi lomba nyanyi, even spoken-nya pun nggak bagus menurut gw. Kalau di American Idol, kayak Nick Mitchell a.k.a Norman Gentle musim lalu, but he was better...
Score: F

http://img541.imageshack.us/img541/8028/ray.jpg
Ray - Dealova (Once)
Ini lagu yang sulit dan memerlukan range vocal yang lebar. Ray punya suara yang beda, tapi itu nggak cukup. Banyak nada yang nggak pas, di nada tinggi juga nggak sampai. Sebagai penyanyi opera juga seperti kata Melly, vibra-nya turun semua. I didn't find anything special from him but his different singing style.
Score: C+

http://img146.imageshack.us/img146/3967/monas.jpg
Mona - Jujur Aku Tak Sanggup (Pasto)
Another diva! Semua nada di lagu yang tergolong sulit ini bisa dilahap habis sama Mona dengan sangat baik dan tekhnik yang nyaris sempurna. Asal pintar-pintar pilih lagu, Mona mestinya bisa melangkah jauh di kompetisi ini.
Score: A

http://img121.imageshack.us/img121/7079/dimasd.jpg
Eza - Lelaki Hebat (Seventeen)
Nyanyinya masih banyak yang nada yang nggak pas, dan lebih keliatan sibuk jingkrak-jingkrak. What can I say?
Score: C-

Tebal
Rank:
1.DEA
2.MONA
3.ZULFA
4.DIANA
5.GILANG
6.IGO
7.FENDI
8.ANDI
-------------
9.RAY
10.EZA
11.ORIN
12.QZ

*red= eliminated

4.12.2010

[Mamamia] Recap Top 10: Acoustic Nite

Minggu ini, Mamamia membuat tema "Acoustic Night", jadi semua penampilan kontestan malam itu diiringi dengan iringan musik semi-akustik, yang memungkinkan para kontestan lebih ber-eksplorasi dengan vokal mereka - yang akan terdengar lebih jelas dan murni - dan groove musiknya.

Top 10 - Mari Berjoget (Koes Plus)
These Top 10 girls looked amazing with golden dresses, I've always wanted singing contest finalists wear same/similar dresses when they sing together.

Intan - Pemain Cinta (ADA Band)
Minggu lalu Intan dipuji sebagai yang terbaik vokalnya sama para eksekutor. Minggu ini penurunan banget buat Intan. Di depan banyak banget nada yang miss. Dan dari pertengahan ke akhir, Intan nggak melakukan sesuatu buat catch-up menutupi kekurangannya di depan. Intan nggak memberikan sentuhan apa pun ke lagu ini, bahkan vokal alto-nya yang khas pun nggak kedengeran di lagu ini.
Intan kayaknya mesti coba lagu penyanyi perempuan, setelah 2 minggu berturut-turut bawain lagu penyanyi pria.
Score: C-

Putri - Terpesona (Glenn Fredly & Audy)
Putri punya suara yang bisa menaklukkan lagu ini sebenernya, but she didn't pull it off at all. Masih ada beberapa kesalahan teknik, dan Putri masih harus belajar gimana cara atur dinamika. Di beberapa bagian yang mestinya di-'tahan', Putri 'tembak', di bagian yang mestinya di-maksimalin, malah nggak. Dan, seperti kata Kak Lusy, masih belum dapat groove akustik-nya. Sayang banget.
Score: C

Vebby - Single Happy (Oppie Andaresta)
Dari segi vokal, malah penurunan dari minggu lalu. Vebby masih yang terburuk secara vokal. Di awal dia main gitar, tapi kok cuma pas intro aja, pas nyanyi langsung dikasih ke penari?? But, I have to admit that I like these mom-daughter couple, they're cuteee and hard-worker.
Score: D

Nindy - Kisah Cintaku (Chrisye)
Vokal aman, tapi terlalu biasa. Di-dedikasi-kan buat almarhum ayahnya, tapi nggak keliatan penghayatannya. Kata Mama-nya, supaya nggak 'bindeng', lah...justru itu tantangannya, gimana nyanyi dengan feel, tapi tetep kejaga pitch-nya.
Score: C+

Ingga - Masih Ada (Ello)
Lagi-lagi vokalnya terlalu aman. Kurang ada improvisasi dari versi aslinya. Apalagi kuncinya diturunin, jadi tantangan di lagu ini yaitu perpindahan dari suara normal ke falsetto di chorus nggak ada.
Score: C+

Tari - Jangan Menyerah (D'Masiv)
Lagu yang meaning-nya sebenernya pas banget buat Tari. Tapi, sayang lagi-lagi Tari nyanyinya kayak nggak lagi lomba nyanyi. Feel-nya kurang kuat, dan tekniknya berantakan. Nada rendah dan nada tinggi masih hampir selalu pitchy.
Score: C-

Nona - Betapa (Sheila on 7)
Lagi-lagi Nona pilih lagu yang kurang meng-eksplor power dan kemampuan tekniknya. Cara nyanyi Nona sudah bagus, tapi tertahan di lagu dan kurang berani improv. Di awal sampai pertengahan juga ada trouble mic tapi nggak fatal.
Score: C

Inka - Galih dan Ratna (D'Cinnamons / Chrisye) (feat.D'Cinnamons)
Inka dapat kesempatan duet sama D'Cinnamons, yang malam itu jadi bintang tamu! Wah! Tapi agak kasihan sih sama yang lain, Inka jadi beda sendiri.
Inka cukup berhasil mengimbangi Dodo D'Cinnamons dan cukup dapet groove lagu yang di-aransemen ulang sama D'Cinnamons ini. Inka juga kasih beberapa improvisasi dan liukan vokal yang bagus. Overall, bagus.
Score: B

Selvi - Tinggal Kenangan (Caramel)
It was my favorite performance of the night!. Selvi benar-benar memperbaiki kesalahannya minggu lalu. Lagunya cocok dan pas, dengan busana yang cukup bagus dan tata panggung yang simpel. Improvisasi yang diberikan di lagu ini paaas banget sama aransemen akustiknya. Belum 100% sempurna secara teknik, tapi pitch-nya cukup terjaga di sepanjang lagu. Penghayatannya juga mantap dengan emosi yang terkontrol baik. Kata Lusy, mungkin karena usia Selvi yang paling dewasa diantara yang lain, mungkin juga, tapi nggak apa-apa. Yang penting bagus.
Score: A-

Hanna - Siapa Yang Pantas (Domino)
Seperti biasa, vokal aman. Tapi menurut gw, kurang ada 'magnet', 'star power', nothing special with her performance. Nggak ada improvisasi, padahal Hanna bisa sebenernya. Terbukti di nada paling akhir Hanna bisa improv dengan bagus, sayang cuma di terakhir aja.
Score: C+

Rank:
1. Selvi
2. Inka
3. Hanna
4. Ingga
5. Nindy
6. Putri
7. Nona
-----------
8. Intan
9. Tari
10. Vebby

Zona Kritis
Vebby 53
Tari 45 -> TEREKSEKUSI
Intan 68

4.05.2010

[Indonesian Idol] Recap Workshop #1

http://img710.imageshack.us/img710/1164/keyko.jpg
Keyko - Separuh Nafas (Dewi Dewi)
Dari segi teknik nggak ada masalah, tapi juga nothing special. Durasi penampilannya juga cepet banget dibanding yang lain, cuma 1:45 menit. Jadi nge-gas dari awal dan nggak ada dinamikanya jadinya. Overall, masih ok.
Score: B-

http://img144.imageshack.us/img144/2411/fauzan.jpg
Fauzan - Ku Tak Bisa (Slank)
Penampilannya kaku, dan bener-bener cuma nyanyiin versi Slank mentok, dan sama sekali nggak lebih bagus. Klimaksnya nggak ada, padahal karakter suaranya sebenernya udah ada.
Score: C

http://img63.imageshack.us/img63/4223/icah.jpg
Ica - Mati Rasa (Dewi Sandra)
Bagus banget! Warna suaranya kuat. Pinter mainin dinamika-nya, di awal sampai pertengahan dibiarin agak datar, tapi di belakang bagus banget. Penampilannya juga tenang dan matang.
Score: A

http://img255.imageshack.us/img255/3976/michaelf.jpg
Michael - Saat Terakhir (ST12)
Main piano-nya belum bagus-bagus banget, dan belum sempurna. Nyanyinya juga biasa banget, tapi menurut gw udah bisa lepas dari pengaruh cengkok Melayu-nya Charly.
Score: C+

http://img714.imageshack.us/img714/7393/citra.jpg
Citra - Mau Dibawa Kemana (Armada)
Soal warna suara, nggak usah diomongin lagi, Citra meganggg banget. Mantap. Groove-nya juga dapet banget. Asli bikin lagu ini stuck on mind sampe sekarang. Pembawaannya juga santai. Pokoknya keren.
Score: A

http://img198.imageshack.us/img198/276/windra.jpg
Windra - Rindu Setengah Mati (D'Masiv)
Vokalnya konstan dan terkontrol baik. Emosinya juga, jadi feel dari penghayatannya pas. Tapi harus tingkatin lagi kalau mau bertahan lama.
Score: B-

http://img341.imageshack.us/img341/6728/bagus.jpg
Bagus - Sejuta Rasanya (Bonus)
Sebenernya suaranya bagus, tapi terlalu cari aman, padahal lagunya sendiri termasuk mudah dan melodinya diulang-ulang jadi enak di-improv.
Score: C

http://img406.imageshack.us/img406/2493/melar.jpg
Mela - Cindai (Siti Nurhaliza)
Temponya acak-acakan. Dan pitchy dimana-mana. Pemenggalan kata di chorus-nya nggak enak banget, jadi kedengeran dipatah-patah. Penggunaan cengkok Melayu-nya mestinya digunain di lagu yang non-Melayu justru menurut gw mestinya.
Score: D

http://img515.imageshack.us/img515/7862/riogo.jpg
Rio - Takkan Terganti (Kahitna)
Nggak bagus. Banyak pitchy dan pakai suara leher, jadi nggak enak banget didenger. Pas overtone yang nadanya mestinya naik-naik, ini malah flat. He was so overrated IMO.
Score: C-

http://img412.imageshack.us/img412/5924/tesam.jpg
Tesa - Pandangan Pertama (RAN)
Justru tantangan buat Tesa di lagu-lagu beat anak muda kayak gini. Sebenarnya cukup berhasil, tapi masih kurang rapi gunain tekniknya. Low notes di awal lagu banyak yang hampir lepas, dan pitchy cukup banyak di awal karena terlalu sibuk gerak. Falsetto di sepanjang lagu juga kurang tajam.
Secara teknik emang termasuk yang terbaik, tapi masih kurang rapi digunainnya. Tapi, gw suka di awal banyak improvisasi, dan bawainnya cukup beda dari penyanyi aslinya.
Ke depan, mesti pintar-pintar pilih lagu. Biasanya frontrunner dari awal nggak jadi juara karena udah dikasih high expectation di tiap penampilan. Dan mesti perbaiki penampilannya yang emang old-fashioned.
Score: B

http://img90.imageshack.us/img90/2808/sanni.jpg
Sanni - Kisah Tak Sempurna (Samsons)
He ruined my favorite song!
Ini lagu susah dan citra Bams Samsons udah lekat banget di setiap lagunya. Sanni, dengan suara di bawah standar, pitchy dimana-mana, dan nggak bisa ambil nada-nada tingginya. Untungnya...dia skip pas part sulitnya, kalo diambil juga.....gw gak bisa bayangin sejelek apa jadinya.
Score: D

http://img689.imageshack.us/img689/1555/doremiv.jpg
Doremi - Teruskanlah (Agnes Monica)
Buat gw penampilan Doremi nggak bagus. Dia jadi Agnes-wannabe di depan Agnes-nya sendiri. Nyanyinya cuma pengen nyamain Agnes, padahal masih jauh di bawah. Nada-nadanya ada yang turun, dan nggak bisa handle lagu besar kayak gini. Yang parah di bagian overtone-nya. Aneh deh juri-jurinya pada muji, cuma Agnes yang kritik.
Score: C-

Rank:
1.ICA
2.CITRA
3.TESA
4.WINDRA
5.KEYKO
6.MICHAEL
7.FAUZAN
8.RIO
9.BAGUS
10.DOREMI
11.SANNI
12.MELA
*red: eliminated

4.03.2010

[Mamamia] Top 11

Putri - Biarlah (Nidji)

She was my favorite last week, but...little bit lack of personality this week, sooo...we'll see.
Sebagai pembuka bagus, energik dan cukup menguasai panggung. Dari segi teknik, nggak ada kesalahan fatal walaupun belum sempurna, tapi tergolong bagus dibanding peserta lain.
Dari awal sampai pertengahan, masih nggak ada improvisasi, tapi dari tengah sampai ke belakang, Putri mulai kasih improvisasi-improvisasi yang bagus.
Minggu depan harus lebih berani improvisasi, karena disitu poin plus-nya.
Score: B

Inka - Terlalu Cinta (Rossa)
She was also my favorite in term of costume, and she still is :)
Lagu yang menuntut teknik vokal yang baik, dan Inka menyanyikannya dengan tenang dan ter-kontrol baik. Sayang, masih ada kekurangan-kekurangan teknis yang tersebar dimana-mana. Mestinya bisa diperbaiki atau 'diakali' dengan improvisasi. Tapi, overall OK, and she has sweet head voice.
Score: B-

Lisca - Parasit (Gita Gutawa)
Lagi-lagi pilih lagu Gita Gutawa. Lisca ini punya suara sopran yang cukup mirip Gita Gutawa, sayangnya kalau dia nyanyi di luar range itu, masih nggak bagus. Dan lagu ini justru lebih banyak bermain di middle range-nya. Dan, Lisca pun kesulitan melakukan perpindahan register dari suara rendah-tinggi-rendah, dan banyak nada yang meleset.
Setuju sama Lusi, nothing special with this girl except her soprano voice.
Score: C-

Ingga - Takkan Terganti (Kahitna)
Lagu yang memerlukan tekhnik vokal yang baik, pastinya. Dan sayangnya tekhnik Ingga belum sampai satu. Dan terjadilah banyak "diva-wannabe" moment. Sebenernya Ingga termasuk salah satu kontestan yang bagus (diantara yang lain), tapi lagu ini di atas kemampuannya.
Score: B-

Nona - Selamat Malam Dunia (Jikustik)
Wow! Finally this beautiful girl got the right dress!
Sayangnya, pilihan lagunya nggak sebagus pilihan busananya. Nona punya power yang bisa dibilang paling besar diantara yang lain, sayang kalau dimanfaatin untuk lagu ini yang sama sekali nggak meng-eksplor kekuatan vokalnya. Tapi, gw suka cara nyanyinya.
Score: B-

Intan - Separuh Jiwaku Pergi (Anang)
Lagu penyanyi pria emang cocok buat Intan dengan vokal alto-nya yang prima. Dan dia bawakan ini dengan tenang dan cukup bagus, sayang di akhir lepas kontrol dan tembakan nada tingginya jadi merusak suasana, bukannya ngangkat lagu ini.
Btw, bajunya biasa bangeeet.
Score: B-

Vebby - Resah Tanpamu (Anji Drive & Titi Kamal)
Secara vokal, nggak usah diomongin lagi, tekhik Vebby paling jelek diantara yang lain, masih amatir total. Tapi, sedikiiit lebih baik dari minggu lalu yang hancur lebur nyanyiin lagu "Kepompong" 'doang'.
But, I love these mother-daughter couple, they're so cute...:P
Score: D+

Hanna - Rindu Setengah Mati (D'Masiv)
Just so so for me. But, the judges loved it. Well, techniqually, nothing's special but nothing's fatale, too.
Yang jelas Hanna lebih percaya diri nyanyiin lagu ini setelah make-up nya di touch up dulu dan D'Masiv, idolanya, adalah bintang tamu malam itu.
Score: B-

Selvi - Jatuh Cinta Lagi (Matta Band)
Kostumnya nggak pas. Nyanyinya nggak enak. Pilihan lagu salah dan nggak meng-eksplor kemampuan vokal sama sekali. What else can I say?
Padahal, warna suara Selvi yang paling unik diantara yang lain.
Score: C-

Tari - Betapa Aku Mencintaimu (Vagetoz)
She's not Fiersha 2.0 at all.
Teknik-nya berantakan, ujung nada hampir selalu 'jatuh' jadi fals. Nada rendah dan nada tinggi meleset. So sorry, Tari.
Score: C

Nindy - Geregetan (Sherina)
This song has performed in Mamamia C'mon Baby, and it was far better than this.
Nindy nggak dapet groove lagu ini, yang justru poin penting di lagu ini.
Score: C+

Rank:
1. Putri
2. Intan
3. Inka
4. Ingga
5. Nona
6. Hanna
7. Nindy
8. Tari
----------
9. Selvi
10. Lisca
11. Vebby

Zona Kritis
Vebby 65
Tari 73
Lisca 61 -> TEREKSEKUSI

And, Vebby moved on again...
Bye Lisca, you had your chance
Tari, watch out! Better improve your singing by next week

1.23.2010

[Creations] Break Me (Finally Fragile)


Break me
Cause I can't stand this hurt anymore

I've been through so many heartache
I used to pretend
To be a tough one
But I'm...finally fragile

Can't you see
That I've tried and tried
To survived these tears
But I'm just an ordinary human being

Only slightly before
My self finally broken
So why don't you please
Hurt me once again

Need one more stab on my heart
For me to die peacefully

1.21.2010

[American Idol] Audition #4 Orlando: Zero City

We arrived at Orlando as this season's audition stopped in it's 4th city.
And I was a bit disappointed even more to this city, after Chicago.

I don't think any of golden ticket getters from Orlando would end up as a true contender this season, I even doubt they could make it into Top 12 - or 24.

A good daddy, Seth Rollins sang "Someone to Watch Over Me".
He's got a good voice, but I have to see he handles bigger songs to decide how great he is.

Another black male contestant, Jermaine Purifoy performed "Smile".
The judges praised him, Kara called it 'an honest performance'.
I thought it was good, but still far from great. By the way, he's the second Jermaine we'll be watching this season, after Jermaine Sellers from Atlanta, I prefer Sellers than Purifoy.

Anybody misses Blake Lewis?
We've got another beatboxer this season, Jay Stone.
The judges seemed impressed with his beatboxing, but Simon didn't say yes for him.
I thought his rendition of "Ain't No Sunshine" was good. Probably Simon understated him after his beatboxing.

Kristin Chenoweth was the guest judge for Orlando, but only for Day 1.
The judge panel turned into 3 judges formation again since Season 7 with Kara replaces Paula's spot, for Day 2.
I've never heard about Kristin, anyway.

There was a girl named Michelle Delamor who's been featured on AI ads, and featured as 'coming up' audition in this episode, but never appeared.
Damn, I was looking forward to see her audition.

[American Idol] Audition #3 Chicago: Third Time Attempt for Angela Martin

Chicago is the third stop for this year's audition, and I must admit that this city a bit disappointed me after those good talents from Boston and Atlanta.

Cause by this second week, the audition turned down till only a hour per city, I'll be more to the point.

The best from Chicago: Angela Martin.
She's a familiar face for frequent AI viewers since she's been on Hollywood for last two seasons but didn't make through voting rounds for both chances.
And, she ain't give up yet. Here she comes for her third appearance on Idol.
Singing "Just Fine" by Mary J Blige. For me, that was the most promising female audition so far.
I could see her feel and emotion, and I like her hard-work and self-esteem to decided to tried again for the third time.
She's def one of the most talented girls we've seen this season.
I hope she'll make it into Top 12 if she's as great as we could figure out right now.

Not-so-funny audition: Amy Lang.
She has a 'special ability' with her boobs. And she started her brief audition with pretended to fainted.

Charity Vance sang "Summertime" and the judges loved her.
I didn't. She has small voice, and for me small SCREECHY voice.
Sorry, but I didn't get it.

Asian Invasion: There was a asian boy, Chinese-face, named John Park.
I didn't like him. He did a pretty good job. But I'm not into him.
However, Shania was reaaally into him. She commented that he has 'nice lips' and 'beautiful bottom'. Hmmm...
I think Anoop and Sanjaya were better than him. I'm more into India face, haha.

Paige Dechausse, a bad-asthma-attack survivor, turned "A Change Is Gonna Come" into her own.
I didn't really like it, though. I believe this song should be sung with powerful and passionate voice, like Adam did on Finale last season, and Syesha did on Top 4 two seasons ago.

Country diva, Shania Twain was the guest judge for Chicago. She showed proper judging ability like Mary J Blige did, not like Victoria Beckham.
I prefer Mary, but Shania did a great job, she's even 'pushed' Randy to let a contestant moved on to Hollywood (Paige, I guess, CMIIW) after Simon said no when Shania and Kara said yes. And Randy finally said yes.

That's it for Chicago.

1.14.2010

[American Idol] Audition #2 Atlanta: Diva Candidates Rising

It's the second city of audition on the 9th season of AI, Atlanta!!
The city that brought us Fantasia, Jennifer Hudson and Clay Aiken.
From the first two names, we would expect divas from this city, no?
I'm feeling that AI was lack of great female singer in recent years, and I hope we could get some fresh divas for this season.

Well, my expectation was paid off at Atlanta. We got many great singing from the girls.
First from Keia Johnson who sang Celine Dion's "My Heart Will Go On". It's pretty interesting to hear Celine from a black voice, and I thought she did great, she did some improvisations. If Keia could up-grade her singing, I'm sure she's one to watch this season, with that cheerful personality. Very likeable. Oh yeah, she won Miss Congeniality on Miss America.

video

And then we got three girls that seemed could really be divas of this season.
Mariam Lemnouni did Miley Cyrus' "The Climb".
Noel Reese pulled out Whitney Houston's "I Have Nothing". That was the most impressive vocal of the day, for me. Really, really great. And she's just 16.
And Thisa Holland gave a rendition of "Impossible" by Christina Aguilera.
These three girls are great, but too bad they put them all in one, so we just got a bit from each of them.

Then we got a shy, country girl. Vanessa Wolfe impressed the judges with her rendition of a country song, "Wagon Wheel". I'm not really into her since I'm not really into country music. But the judges seem loved her and even called her authentic. We'll see how far she could make it.

Another impressive female vocal came from Mallorie Haley with her rendition of Janis Joplin's "Piece of My Heart". She did a good job, Mary even called it the best vocal she heard on two days of Atlanta audition. I thought it was good, but not great. I prefer Asia'h Epperson's version of this song on season 7's semifinal.

Another girl came in, named Holly Harden. But she's obviously not one of Atlanta divas, and she wore a guitar costume, let's call her "Guitar Girl" (like "Bikini Girl" for Katrina Darrel, last year). I didn't get her singing, and I'm glad Mary felt the same and was brave to spoke it although the other three liked it.

Lamar Royal is a big fan of Mary J Blige, the guest judge for Atlanta, and said he would take judges' opinions whatever they thought his singing was. But, when the judges (minus Simon who was left for a minute) told him that he isn't a terrible singer but not ready enough for it, he got very angry and started shouting censored words.
More than a dozen of bleeping sounds for us to heard. Haha...

We also got potential male contenders.
A "singing police officer", Bryan Walker.
And a church singer, Jermaine Sellers. I personally thought Jermaine is the best male after Justin, so far.

The guest judge, Mary J Blige, obviously did a better job than Victoria Beckham did on Boston.
Mary gave more proper comments and wasn't afraid to spoke her own opinion when she felt different from three permanent judges. I felt the same when Mary said no to the "Guitar Girl".

Next week, we'll looking for Chicago talents!

1.13.2010

[American Idol] Season Premiere - Audition #1 Boston: The Man of the Hour, A Cancer-Survivor

American Idol is back! - again, for it's 9th season!

Personally, I doubt it would be struggling to have as great season as last year's, as ya know Adam Lambert rocked it out - and even considered by many: saved AI last year. Hmm...I must say that I'm agree with that statement.

But, well - here comes another promising season!
Another season that's promising us a new talent to see - or somebody to be seen.

They put a brief recap of last season's finale for opening this season. I liked it, they said, "Glam Rocker vs The Guy Next Door" to represents a lopsided finale between Adam and Kris (no offense, Kris). And when they said, "A new winner is crown (Kris appears)...A new star is born (ADAM APPEARS)", hahaaa...! I think that's only a smoother metaphor for the fact that "The runner-up outsold the winner on album sales, bitch!!!" Hahaha....(no offense, Kris)

Yup, enough for that. Now here's the first audition city: Boston.
It was actually taped just weeks after Paula Abdul left (I will write a post dedicated for her later). And Ellen DeGeneres, the new judge who replaces Paula's spot this year wasn't scheduled to judge for auditions. So, we'll see rotating guest judges for 7 cities of audition, includes: Katy Perry, Avril Lavigne & Mary J.Blige.

For Boston, we got Victoria Beckham. Honestly, I think she wasn't a good judge, her comments didn't help at all.

And the lucky person to be the first to be seen this year: Janet McNamara. She plays American Idol video game - I bet she won't play it again forever, after the judges said big NO for her out-of-tone, full-choregraphy rendition of Natasha Bedingfield's "Pocketful of Sunshine".

The judges, a bit surprisingly (at least for me), praised Ashley Rodriguez's rendition of - according to Kara, a very difficult song - Alicia Keys' "If I Ain't Got You", very much.
I do think she did pretty good job, but I don't think it's awesome. So I was a bit surprised when the judges showered her with really high praises.
I don't think she will make Top 12, however.

video

The man of the hour was: Justin Williams. Did a really great rendition of "Feeling Good", the best auditon of the day for me. He turned the song to dinamic range, down to the low, belt out some chest notes and ending with a beautiful falsetto. No wonder, though, since he's a vocal coach. I browsed about him and found that he was already made it into Hollywood last season, wow, I didn't know since I started to really watched last season since Adam got the rest of my life on "Black or White", haha. I don't know why he didn't make it through, I'll search for it soon.
The judges gave him good reviews, GOOD - not awesome like Ashley's, though Justin's audition impressed me much greater than Ashley's.
Justin is my favorite so far, and I predicted him as the first Top 12 finalist.
FYI, Justin is a cancer survivor. Great. But I'm trying not talking much about the "sad stroy" behind contestants, I know everybody sicks enough about it. Although I do consider Justin's story not as cheesy as others, since it would motivates and inspires many people.

video

And then, a girl did a cover of my Mariah Carey's "Vision of Love".
No, not a great rendition like Tamyra Gray did on the first season, Lisa Olivero sang it out of pitch and drew criticism from the judges. Simon even called it, "craziest version of Mariah Carey I have ever heard". Actually, I thought it was a bit out of pitch, but not really bad. I'm agree with Kara, that she needs more practice, especially when do a very-difficult-song-to-sing like this.
Hmmm...listen, folks! Don't do Mariah, except you can really take it.

Jennifer Hirsh showed a unique voice that I'm pretty like.
And there was a boy named Bosa Mora whose parents were from Nigeria. I think he did great and has a good prospect to make it to Top 24, he reminds me of Chikezie from season 7.

Well, that was all I wanted to say from Boston. The second city of audition: Atlanta.
Stay tune, guys.